Amar Bank Cetak Laba Bersih Rp 48,86 Miliar di Kuartal I 2024, Tumbuh 41,9% – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | PT Bank Amar Indonesia Tbk mengawali kuartal pertama 2024 dengan kinerja keuangan solid. Bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM itu berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 48,86 miliar. Pencapaian itu tumbuh 41,9% secara tahunan alias year-on-year (yoy).

Perseroan juga optimistis capai pertumbuhan signifikan di 2024, didorong oleh fundamental bisnis yang kuat dan bertumbuh dalam hadirkan solusi perbankan digital yang sesuai dengan kebutuhan UMKM melalui kemajuan teknologi inovatif.

Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank mengatakan Amar Bank berhasil mencatatkan kinerja kuartal pertama terbaik dibandingkan kuartal pertama tahun sebelum-sebelumnya. Ini merupakan pemacu bagi Amar Bank untuk tetap konsisten di sepanjang tahun 2024.

“Secara umum, kinerja perseroan pada kartal I 2024 ini menggambarkan keberhasilan kami membangun fondasi yang kuat dan memanfaatkan dengan baik kerangka kerja yang tangguh dari sisi risiko dan teknologi yang telah dibangun selama beberapa tahun terakhir,” kata Vishal, Rabu (29/5).

Baca juga : Amar Bank Perkuat Bisnis UMKM Melalui Supply Chain Financing

Penyaluran kredit sebesar Rp 2,74 triliun di sepanjang kuartal pertama 2024. Sebanyak 52% dari pinjaman tersebut menyasar UMKM.

Sebelumnya, Amar Bank berhasil membangun kinerja bisnis yang kuat dan bertumbuh melalui dua layanan perbankan inovatif, yakni aplikasi Amar Bank dan Tunaiku.

Tunaiku kini memimpin ekspansi segmen pinjaman perseroan secara digital dan membawa perubahan positif bagi UMKM, dengan hadir di Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan lebih dari 30 kota. Melayani lebih dari 400.000 UMKM serta menyalurkan dana sebesar Rp 12 triliun sejak 2014.

Aplikasi Amar Bank telah membantu lebih dari 600 ribu orang Indonesia dalam membangun kebiasaan menabung, dengan akun digital nasabah berhasil meningkat sebesar 134% yoy pada kuartal I2024. 

Capaian berbagai produk tersebut juga mendorong pendapatan operasional perseroan yang meningkat dibandingkan kuartal I 2024 yaitu sebesar Rp 377,4 miliar atau meningkat 32,9% yoy.

Baca Juga  Jadi Salah Satu Kunci Dapat Cuan, Baca Candlestick Dalam Trading Aset Kripto - Fintechnesia.com

Perseroan juga membukukan laba bersih sebesar Rp 48,8 miliar di kuartal I 2024 atau meningkat sebesar 41,9% yoy.

Senior Vice President Finance Amar Bank David Wirawan menambahkan selain teknologi, capaian dan kapabilitas perseroan untuk terus tumbuh juga didorong dari prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit dan dalam menjaga Cost of Fund.

Dalam industri perbankan digital serta fintech yang semakin kompetitif, perseroan berhasil meningkatkan kinerja hingga awal 2024 dengan laba yang positif dan terus bertumbuh.

“Rasio kecukupan modal atau CAR perseroan yang tinggi kami harapkan dapat mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan menguntungkan melalui ekspansi produk dan penyaluran kredit di tahun tahun mendatang,. Salah satunya yang dipimpin oleh Tunaiku dan inovasi baru lainnya.” 

Seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menabung di Amar Bank, dana pihak ketiga (DPK) terus tumbuh sebesar 34,1% kuartal ke kuartal dan juga mendorong ekspansi coverage area Tunaiku. (alo)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *