Strategi Investasi Kripto di 2024, Siapkan Diri untuk Halving Bitcoin dan Pasar yang Dinamis – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Setiap empat tahun sekali, komunitas Bitcoin menyaksikan
event halving. Event ini, saat hadiah blok untuk penambangan Bitcoin berkurang menjadi setengah.

Event ini secara historis berdampak signifikan pada harga Bitcoin dan keseluruhan sentimen pasar. Sebagai contoh, mengikuti halving ketiga pada Mei 2020, Bitcoin naik lebih dari 300% dalam 12 bulan berikutnya. Sementara halving keempat terjadi di tahun 2024.

Nah, penting merancang strategi investasi kripto yang tepat. Sehingga dapat
mengoptimalkan potensi keuntungan yang didapatkan dari halving Bitcoin dan tren pasar secara keseluruhan.

Bitcoin halving ini momentum yang sangat signifikan di industri kripto mengingat Bitcoin yang masih mendominasi pasar kripto. Mekanisme ini bertujuan mengurangi peredaran Bitcoin yang dibatasi di jumlah 21 juta koin.

Dengan berkurangnya jumlah koin yang masuk ke peredaran, harga bitkoin pun diprediksikan akan terus naik. “Sebenarnya peningkatan harga Bitcoin dari sekitar Rp 259 juta pada awal tahun 2023 menjadi Rp 700 juta di akhir tahun 2023 salah satu penyebabnya adalah antisipasi masyarakat akan fenomena halving ini,” ujar Asih Karnengsih, Executive Director Asosiasi Blockchain Indonesia, pekan lalu.

Guna membantu investor dalam menyiapkan diri menghadapi momen halving Bitcoin dan tren pasar kripto yang dinamis, berikut adalah panduan komprehensif dalam merancang strategi investasi kripto yang efektif di tahun 2024.

Baca juga: Asosiasi Blockchain Indonesia dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (A-B-I & Aspakrindo) Serta Indonesia Crypto Network (ICN) Kembali Terbitkan Lanskap Web3 Indonesia 2023

Tetapkan Tujuan Investasi

Salah satu kunci dalam merancang strategi investasi kripto yang tepat adalah menetapkan tujuan investasi, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang. Hal ini penting karena akan memberikan arah yang jelas untuk keputusan investas.

Baca Juga  Huawei ICT Academy Meningkatkan Kapasitas Digital Universitas Andalas - Fintechnesia.com

Jika melihat data historis, harga Bitcoin cenderung meningkat setelah event halving. Maka dari itu, mempertimbangkan untuk investasi jangka panjang Bitcoin
sebelum dan setelah halving bisa jadi cara untuk mengoptimalkan potensi keuntungan dari investasi kripto di tahun 2024.

Namun, penting juga untuk mempertimbangkan diversifikasi portofolio. Diversifikasi ini tidak hanya mengurangi risiko tetapi juga memberi peluang untuk memanfaatkan potensi aset kripto lain yang memiliki fundamental kuat.

Menganalisis Tren Pasar 2024

Tren pasar kripto di 2024 dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk regulasi, adopsi teknologi, dan dinamika ekonomi global. Itu sebabnya, analisis fundamental dan teknikal menjadi kunci.

Analisis fundamental membantu investor memahami nilai intrinsik aset, sementara analisis teknikal memberikan wawasan tentang tren pergerakan harga crypto hari ini dan pola pasar.

Selain itu, penting tetap responsif terhadap berita terkini, karena market kripto
sangat sensitif terhadap perkembangan global dan kebijakan industri. Trading berdasarkan berita dapat membantu investor menangkap peluang atau menghindari kerugian yang tidak terduga.

Buat Manajemen Risiko

Investasi kripto memiliki volatilitas yang tinggi sehingga memiliki manajemen risiko yang tepat adalah sebuah keharusan. Salah satu manajemen risiko dengan mengalokasi aset dengan bijaksana. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak menaruh
semua dana hanya di satu aset.

Penggunaan stop loss dan take profit adalah praktik standar dalam trading, yang membantu dalam membatasi kerugian potensial dan mengamankan keuntungan yang sudah diraih.

Pilih Platform Terbaik dan Ikut Komunitas Kripto

Memilih platform trading yang andal, yang menawarkan alat analisis yang baik
dan keamanan yang terjamin, dapat meningkatkan efektivitas strategi trading. . (jun)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *