Tokopedia Merangkum Tren Belanja Online Produk Otomotif sepanjang 2023, Tiga Jenis Mobil Ini Laris Manis – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Industri otomotif merupakan salah satu kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sektor ini menyerap tenaga kerja sebanyak 38.000 orang, serta lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai pasok industri otomotif.

Tokopedia melihat geliat industri otomotif terus melaju selama tahun 2023. Terbukti dari tren belanja online untuk beberapa produk di kategori Otomotif. Penjualan onderdil mobil dan motor naik lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun 2022.

Penjualan mobil niaga (truk pick-up, minibus, bus dan mobil komersial lainnya) mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat,” jelas Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra, Jumat (16/2).

“Di sisi lain, Tokopedia mencatat mobil SUV, mobil MPV hingga mobil sedan adalah beberapa jenis kendaraan roda empat yang paling laris di Tokopedia selama 2023,” tambah Fransiscus.

Selain kendaraan roda empat, produk otomotif lain yang laris di Tokopedia adalah sepeda listrik. Produk ini mengalami kenaikan penjualan hampir 1,5 kali lipat selama 2023 dibandingkan 2022. 

Baca juga: Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Sepanjang 2023, Ini yang Paling Laris

Tokopedia juga melihat beberapa daerah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kategori Otomotif, yaitu Natuna (Kepulauan Riau), Malaka (Nusa Tenggara Timur)dan Badung (Bali). Sedangkan beberapa daerah di Indonesia dengan lonjakan tertinggi jumlah penjual di kategori Otomotif adalah, Sampang (Jawa Timur), Kota Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

“Melonjaknya tren belanja online masyarakat pada kategori Otomotif di Tokopedia juga turut didorong oleh kehadiran kampanye Tokopedia Garage yang mempermudah masyarakat membeli produk otomotif, termasuk mobil, motor dan onderdil kendaraan, secara online,” kata Fransiscus.

Baca Juga  Agar Mudik Lebaran Nyaman, Signify Hadirkan PJU Pintar di Lebih dari 3.000 Titik di Tol Trans Sumatera - Fintechnesia.com

Kehadiran Tokopedia Garage telah disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. Jumlah transaksi yang terjadi lewat kampanye Tokopedia Garage naik hampir 4 kali lipat. Sedangkan jumlah penjual yang mengikuti kampanye Tokopedia Garage turut melonjak lebih dari 16 kali lipat,” tambah Fransiscus.

Melihat antusiasme tinggi dari masyarakat terhadap produk otomotif, Tokopedia berkolaborasi dengan Otospector, platform online penyedia jasa inspeksi dan garansi mobil bekas, meluncurkan program ‘Beli Mobil Bekas Bergaransi’. 

Melalui program ini masyarakat bisa membeli online mobil bekas yang bergaransi secara lebih mudah dan aman lewat Tokopedia, dengan deretan manfaat.

“Mulai jaminan garansi mesin dan transmisi selama 12 bulan, fasilitas layanan darurat 24 jam,meliputi derek, pengantaran bensin, ganti ban serep, customer support 24 jam dan klaim perbaikan dengan total klaim Rp60 juta di seluruh Indonesia,” jelas Fransiscus.

Dengan hadirnya program beli mobil bekas bergaransi Otospector di Tokopedia, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah menggunakan program tersebut dengan cara berikut ini.

  1. Ketik dan klik ‘Mobil Bekas’ di kolom pencarian di halaman utama Tokopedia.
  2. Pada halaman Mobil Bekas Bergaransi, pilihlah kendaraan bekas yang diinginkan dan telah berlabel ‘Lulus Inspeksi’.
  3. Lakukan check out dan pilih metode pembayaran yang tersedia.
  4. Setelah check out, isi formulir dan aktifkan garansi.
  5. Jika menemukan mobil bekas yang belum berlabel ‘Lulus Inspeksi’, pembeli bisa chat dealer atau penjual untuk meminta layanan gratis inspeksi mobil. (kai)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *