5 Latihan Memperkuat Kaki Supaya Menang Balap Karung

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Semarak HUT RI selalu dihiasi dengan berbagai lomba menarik, salah satunya adalah lomba balap karung. Untuk berhasil juara dalam lomba ini, peserta mutlak harus memiliki kaki yang lincah dan kuat. Sebab, dalam balap karung, saat kaki hingga pinggang terbungkus dalam karung,  pemain harus meloncat-loncat dengan cepat untuk mencapai garis finish. 

Sejumlah latihan diketahui bisa membuat kita bisa melakukan loncat dengan cepat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut persiapan latihan untuk menjalani balap karung: 

1. Calf  Raise

Calf raise atau berjinjit merupakan salah satu jenis latihan otot kaki yang efektif. Jika melakukannya dengan rutin, bisa memperkuat otot betis kaki serta meningkatkan stabilitas pergelangan kaki.

Calf raise ini bisa dilakukan di mana saja. Kamu tinggal berdiri tegak, kemudian berjinjit dan menahannya beberapa detik sebelum merilekskan kembali. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memegang barbel kecil untuk menambah beban saat berjinjit.

2. Jogging

Jogging merupakan latihan memperkuat kaki yang paling praktis, mudah, dan sangat murah. Sebab,  sama sekali tak memerlukan alat selain sepatu. Secara umum, jogging bisa melatih keseluruhan otot kaki, mulai dari betis, paha, lutut, pantat, bahkan hingga otot perut bagian bawah, semua bisa terlatih dengan optimal saat rutin jogging.

3. Skipping

Skipping merupakan latihan yang tepat untuk memperkuat otot kaki dan kemampuan kamu menstabilkan diri saat meloncat. Meski terlihat sederhana dan praktis, gerakan yang dilakukan secara repetitif ini cukup menguras tenaga,

Menggunakan tali skipping gerakan ini bisa dilakukan dengan Losergeek.org yang bervariasi. Variasi gerakan kaki juga bisa dilakukan untuk melatih setiap bagian dari kaki dan keseimbangan tubuh. Sedikit catatan, skipping akan memberikan manfaat maksimal ketika dilakukan secara rutin dan progresif.

4. Naik Turun Tangga

Tanpa disadari, naik turun tangga merupakan satu latihan otot kaki yang berdampak besar, dan mudah dilakukan. Inti dari latihan ini adalah gerakan naik dan turun yang dilakukan secara repetitif. Otot yang terlatih dengan gerakan sederhana ini adalah otot panggul, otot pantat, dan betis, sehingga seiring berjalannya waktu kekuatan kaki makin besar dan daya tahannya makin tinggi.

5. Lunges

Lunges  mirip dengan squat. Bedanya, lunges dengan posisi kaki yang tidak sejajar. Satu kaki ditahan di tempat, dan kaki lain melangkah ke depan. Caranya, turunkan badan hingga lutut menyentuh lantai, kemudian kembali berdiri tegak. Lagukan repetisi dan dengan kaki yang bergantian untuk merasakan kontraksi optimalnya.

Selain itu ada juga side lunges, yang dilakukan menyamping. Posisi yang diambil adalah berdiri tegak, kemudian buka kedua kaki sebatas siku saat direntangkan, kemudian turunkan badan dengan bertumpu pada salah satu sisi kaki. Ulangi di sisi kaki lain, dan lakukan beberapa repetisi. Lunges dapat membantu melatih otot kaki bagian atas dan bawah secara bersamaan.

Pilihan Editor: 8 Perlombaan 17 Agustus Paling Hits dan Asal Daerahnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *