Anies Baswedan Ternyata Sowan Ibu Susi untuk Meminangnya Jadi Cawapres di Pemilu 2024?

Tak Berkategori

Disebutkan bahwa kunjungan Anies Baswedan ke Pangandaran beberapa waktu lalu ini maksudnya.

Beredar informasi bahwa Susi Pujiasuti akan mendampingi Anies Baswedan ke konstestasi Pemilu 2024. Apalagi diperkuat video memperlihatkan sosok Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti yang sedang bertemu seperti bisa disimak di media kredibel.

Informasi ini dibagikan di kanal YouTube oleh akun Facebook dengan nama pengguna Menuju Istana.  Berjudul “AHY DI HEMP4SKAN !! P-KS DAN N4SDEM SEPAKAT..SUSI PUJIASTUTI DI TUNJUK JADI PENDAMP1NGI ANIS”.

Foto thumbnail adalah Ibu Susi mengenakan kebaya warna merah, diberi tanda panah, berjalan bersama Surya Paloh. Kemudian ada Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Kalinat pengantarnya “KABAR BURUK UNTUK AHY PKS & NASDEM AKHIRNYA SEPAKAT SUSI PUDJIASTUTI DI TUNJUK SEBAGAI PENDAMPING ANIS”.

Benarkah informasi soal Ibu Susi akan mendampingi Anies Baswedan di kontestasi Pilpres 2024?

CEK FAKTA

Salah atau tidak benar klaim yang menyatakan Susi Pudjiastuti diajak maju ke konstestasi Pemilu 2024 oleh Anies Baswedan.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id melakukan penelusuran, hasilnya adalah sebagai berikut:

* Thumbnail video hasil editan.

Thumbnail yang menampilkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu identik dengan artikel milik dutapos.com dengan judul “Presiden PKS: Kami dan NasDem Insya Allah akan Banyak Titik Temu”.

*  Isi video adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu cuplikan awal video identik memperlihatkan sosok Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti yang sedang bertemu, potongan video ini sama dengan unggahan akun YouTube milik METRO TV dengan judul “Anies Temui Susi Pudjiastuti di Pangandaran”.

Narator dalam video hanya membacakan salah satu artikel milik cnbcindonesia.com dengan judul “Anies Sudah Kantongi Satu Nama Cawapres, Ini Dia Sosoknya”.

KESIMPULAN

Video berjudul “AHY DI HEMP4SKAN !! P-KS DAN N4SDEM SEPAKAT..SUSI PUJIASTUTI DI TUNJUK JADI PENDAMP1NGI ANIS” adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *