Benarkah FIFA Turun Tangan Ambil Keputusan Soal Pemberhentian Coach Bima Sakti?

Tak Berkategori

Informasi menyesatkan karena tidak sesuai dengan yang dijanjikan melalui judul video.

Kabar soal pemberhentian Coach Bima Sakti yang melatih Timnas U-17 masih bergulir. Disebutkan bahwa Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengambil keputusan untuk penyelesaian kondisi itu.

Berita ini disebarkan di kanal YouTube oleh akun bernama Berita Timnas – Garuda Indonesia, dalam unggahan video berjudul “MAAF INDONESIA,FIFA Harus Ambil KEPUTUSAN INI~Bima Sakti DIPECAT??”.

Foto thumbnail adalah sosok Bima Sakti diberi tanda silang, Presiden FIFA Gianni Infantino, dan paling kanan adalah suasana pertandingan bola dua pemain berhadapan. Kalimat penyertanya “BREAKING NEWS BERITA TIMNAS INDONESIA TERBARU HARI INI”.

Benarkah informasi soal Coach Bima Sakti yang disebarkan video ini?

CEK FAKTA

Referensi informasi paling aktual soal Coach Bima Sakti adalah dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI. Tanpa sumber kredibel maka tidak valid. Berita soal Bima Sakti yang disebarkan video ini adalah salah atau tidak benar.

PENJELASAN

Metro Suara.com melakukan penelusuran dan hasilnya adalah:

* Judul yang ambigu, yaitu “MAAF INDONESIA,FIFA Harus Ambil KEPUTUSAN INI~Bima Sakti DIPECAT??”.
Fakta: dalam kalimat pertama dituliskan sebuah pernyataan, kemudian yang berikutnya, soal pemecatan menggunakan pertanyaan atau seolah mempertanyakan.
Logika: Terjadi inkonsistensi antara pernyataan dan pertanyaan sehingga hasilnya membingungkan atau bukan pernyataan lugas. Jelas tidak memiliki nilai kebenaran

* Video dikemas model magazine atau berupa potongan-potongan berita tersendiri, mulai tanggung jawab berat kapten Timnas Indonesia dan rekan-rekannya belum bisa cetak gol dan berada di zona degradasi Liga 1 di menit 0:03, berikutnya dengan kabar Elkan Baggott dimainkan oleh Ipswich Town (lengkap dengan cara penyebutan yang salah) menit 0:10, lalu Ketua Umum Erick Thohir mengungkap hasil rapat dengan FIFA di menit 0:19, dan permohonan untuk disubscribe pada menit 0:41. Selanjutnya narator hanya membacakan judul dan artikel dari berbagai sumber kredibel.
Logika: pembuat video tidak setia kepada judul, berdalih menggunakan format magazine sehingga waktu 9 menit durasi digunakan berputar-putar soal pemberitaan seputar sepak bola sehingga tidak ada berita kredibel soal Coach Bima Sakti.

KESIMPULAN

Video berjudul “MAAF INDONESIA,FIFA Harus Ambil KEPUTUSAN INI~Bima Sakti DIPECAT??” memiliki konten kategori menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *