Biasa Dikonsumsi Para Raja, Kenalkan 3 Kuliner Khas Puro Mangkunegaran

Tak Berkategori

Selasa, 15 Agustus 2023 – 07:43 WIB

Solo – Puro Mangkunegaran adalah sebuah kompleks bangunan dan tempat-tempat bersejarah yang terkait dengan Kesultanan Mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Kesultanan Mangkunegaran adalah salah satu dari dua kesultanan yang masih ada di Jawa. 

Baca Juga :

Inul Daratista Angkat Bicara Usai Heboh Disebut Sebagai Tante Poppy Capella

Puro Mangkunegaran terdiri dari berbagai bangunan dan fasilitas yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan arsitektur yang penting. Pura Mangkunegaran ini adalah sebuah istana tempat Raja Mangkunegaran yang dibangun sejak tahun 1757 silam. 

Dari panjangnya sejarah Puro Mangkunegaran, kita mungkin bertanya-tanya apa saja makanan yang biasa disajikan untuk para raja terdahulu di Pura Mangkunegaran. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang biasa disuguhkan di Puro Mangkunegaran. 

Baca Juga :

Sowan ke Sinta Nuriyah, Ganjar: Menyambung Sanad Perjuangan Gus Dur

Jenang Suran, Hidangan Khas Puro Mangkunegaran

“Hidangan di Puro Mangkunegaran pertama adalah jenang suran yang terdiri dari sayur kare, tauge, wortel dan buncis, perkedel kentang dan telur, sayur krecek dari kulit sapi, kerupuk udang, telur ayam pindang, ikan teri goreng, bubur gurih/asin,” kata Gusti Raden Ajeng (GRAj) Ancillasura Marina Sudjiwo dalam acara Jelajah Gizi Danone di Pracima Tuin, Solo, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca Juga :

Jauh dari Target, Baru 34 Persen UMKM Indonesia yang Gabung ke Ekosistem Digital

Menariknya, makanan ini hanya disajikan setiap satu tahun sekali di bulan Suro setiap tanggal 10 Suro. Biasanya, makanan ini disuguhkan langsung untuk keluarga dan kerabat dekat Praja Mangkunegaran beserta dengan para abdi dalam. 

“(Jenang suran) bermakna untuk kebaikan manusia dengan berbagi atau bersedekah untuk menjaga kerukunan dan kesetaraan dengan tidak memandang bulu dan ucapan syukur kepada Sang Pencipta,” ungkap Ancillasura Marina Sudjiwo.

Halaman Selanjutnya

Source : Dok. VIVA/Dedi

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *