Dampak Jika Google Lakukan Deindex, Bisa PHK Massal

Tak Berkategori

Kamis, 10 Agustus 2023 – 09:10 WIB

VIVA Tekno – Peraturan Presiden atau Perpres tentang Publisher Rights atau hak penerbit tengah menjadi topik yang hangat. Beberapa waktu yang lalu, Google dengan gamblang menolak regulasi tersebut.

Baca Juga :

Meta Temui Menkominfo, Diskusi Publisher Rights

Perlu diketahui, Publisher Rights adalah aturan yang mewajibkan platform digital, seperti Facebook dan Google untuk membayar berita dari media massa yang ditampilkan di platform mereka.

Dalam sebuah diskusi berjudul ‘Untung-Rugi Publisher Rights’, Ketua Indonesia Digital Association (IDA), Dian Gemiano menjelaskan dampak-dampak dari penolakan Google, mulai dari kerugian finansial Rp1-1,2 triliun per tahun sampai dengan PHK massal.

Baca Juga :

Israel Geram AS Beri Label Terorisme untuk Pembunuhan Terhadap Warga Palestina

“Kami pada prinsipnya sangat mendukung substansi dari regulasi ini untuk keberlangsungan jurnalisme. Masalah terjadi ketika dalam eksekusi ada beberapa hal yang agak sulit, terutama masalah algoritma dan data,” ujarnya dalam Twitter Spaces, Rabu malam, 9 Agustus 2023.

IDA mencoba memitigasi dan memetakan dampak penolakan dari Google jika regulasi dengan pasal yang problematis tersebut sudah berjalan.

Baca Juga :

Jadi Perbincangan Hangat, Ternyata Ini Deretan Skandal Miss Universe Indonesia

Rata-rata perusahaan media online, 80 persen revenue datang dari platform Google. Jika dihilangkan, kemungkinan akan ada penurunan trafik sebanyak 80 persen.

Dampak ke bisnis bukan hanya dari penurunan page view saja tapi juga direct iklan. Jika turun drastis, maka akan sulit untuk mendapat direct iklan.

Halaman Selanjutnya

Source : Getty Images



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *