KPU Tolak Pendaftaran Ganjar Pranowo Sebagai Capres karena Ketahuan Ingin Jegal Anies Baswedan?

Tak Berkategori

Misinformasi soal Ganjar Pranowo yang ditolak mendaftar di KPU karena memiliki niat mencurangi Anies Baswedan.

Sebuah kabar beredar lewat video yang diunggah akun Rahasia Politik. Judulnya   “GANJAR NGAMUK!! KETAHUAN INGIN JEGAL ANIES, KPU TOLAK MENTAH2 PENDAFTARAN GANJAR JADI CAPRES!”.

Narasinya KPU menolak pendaftaran Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Alasannya akibat ketahuan ingin menjegal Anies Baswedan. Disebutkan Ganjar Pranowo ngamuk ketika mengetahui hal ini.

Benarkah informasi yang disampaikan via video itu?

CEK FAKTA

Keterangan yang disampaikan Rahasia Politik dalam unggahan video ini adalah salah atau tidak benar.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id mengadakan penelusuran dan setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai keputusan KPU yang menolak pendaftaran Ganjar Pranowo sebagai capres.

Narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh TV One News dengan judul “Sindiran Menohok Anies Baswedan Minta Negara Tak Pengaruhi Pilpres 2024: Jangan Melecehkan Rakyat”.”

Dalam artikel yang diunggah pada 8 Mei 2023, mantan gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta negara agar tidak melecehkan rakyat dalam kontestasi Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Anies ketika melihat Presiden Jokowi kerap mengendorse pejabat publik menjelang perayaan pesta demokrasi di Indonesia. Menurutnya, pemerintah harus netral tidak turut memengaruhi rakyat dalam mengambil keputusan pada Pemilu 2024.

Klaim penolakan KPU terhadap pendaftaran Ganjar sebagai capres sebelumnya pernah beredar. Namun hingga saat ini tidak ada pemberitaan resmi dari media yang kredibel yang menjelaskan mengenai klaim ini.

Dilansir dari laman resmi KPU, pencalonan presiden dan wakil presiden dilaksanakan 19 Oktober 2023 – 25 November 2023. Klaim dari video ini bisa disimpulkan sebagai konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Baca Juga:Tiga Influencer Jagoan Jateng Bentuk ‘Sekoteng’, Gelar Kompetisi Video Amatir Berhadiah Rp 100 Juta

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *