Pembagian Dividen Perbankan Bakal Diatur, OJK Tegaskan Bank Harus Tingkatkan Skala Usaha

Tak Berkategori

Rabu, 9 Agustus 2023 – 19:02 WIB

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam waktu dekat bakal menerbitkan aturan penghitungan dividen perbankan. Hal itu dilakukan untuk memperkuat penerapan tata kelola bank umum. 

Baca Juga :

Agusman dan Hasan Fawzi Resmi Dilantik Jadi Anggota DK OJK

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, pengaturan terkait dividen bank ini perlu dilakukan sehubungan dengan fungsi pengawasan OJK. 

“Agar alokasi laba yang diperoleh bank juga diprioritaskan untuk memperkuat permodalan bank, sebagai sumber dana untuk kebutuhan investasi khususnya dalam infrastruktur dan teknologi agar mampu bersaing di era digital saat ini. Serta kebutuhan lain dalam upaya untuk menjaga agar bank terus berkembang, memperkuat daya saing dan kontributif dalam perekonomian nasional,” kata Dian di Jakarta, dikutip Rabu, 9 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Perkuat Industri Jasa Keuangan, OJK Gandeng Cambodia FSA

Sehingga jelas dia, bank memiliki kinerja yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Dan diharapkan hal itu akan berdampak pada peningkatan shareholder’s value.

Baca Juga :

Ahmad Sahroni Dorong Polri Gandeng OJK Berantas Pinjol Ilegal yang Marak

Menurut Dian, pengaturan mengenai dividen bank merupakan hal yang umum dilakukan. Dia mencontohkan, pada beberapa negara batasan dividen payout ratio ditetapkan oleh regulator dengan didasarkan pada realisasi kinerja keuangan bank, atau didasarkan atas kondisi ekonomi makro. Itu sebagai upaya antisipatif untuk memperkuat ketahanan Bank seperti pada era COVID-19 beberapa waktu yang lalu.

Dian menegaskan, dalam konteks pengaturan nantinya, OJK tidak secara spesifik mengatur persentase besaran dividen payout ratio yang dapat diberikan oleh bank kepada pemegang sahamnya. 

Halaman Selanjutnya

“Namun, OJK akan mengatur mengenai kewajiban bank untuk memiliki kebijakan dalam pembagian dividen dan mengkomunikasikannya kepada pemegang saham,” jelasnya. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *