Ridwan Kamil Ungkap Pemerintah Siapkan 12 Solusi untuk Atasi Polusi Udara di Jabodetabek

Tak Berkategori

Jumat, 18 Agustus 2023 – 17:52 WIB

Jakarta – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bakal ada 10 sampai 12 solusi atau rencana aksi yang disiapkan oleh pemerintah untuk mengatasi polusi udara yang kian memprihatinkan. 

Baca Juga :

Luhut Beberkan 3 Sektor Biang Kerok Buruknya Kualitas Udara di Jabodetabek

Adapun solusi atau rencana aksi itu dibahas dalam rapat koordinasi penanganan polusi udara bersama jajaran terkait, di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves)

“Tadi rapat dipimpin langsung Pak Menko. Ini menerjemahkan arahan Pak Presiden di Istana, nanti akhir bulan dilaporkan hasil rencana aksi, ada 10-12, multidimensi kementerian, lembaga dan tiga Pemerintah Provinsi untuk gerak bersama di Jabodetabek,” kata Ridwan Kamil di Kantor Kemenko Marves, Jumat, 18 Agustus 2023.

Baca Juga :

Olahraga di Tengah Polusi Udara Jakarta yang Buruk, Sehatkah?

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menyebut asap kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab terbesar polusi udara. Selain itu juga, kata dia, pemerintah akan mengevaluasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Baca Juga :

Bukan Pegunungan, Dokter Anak Sebut Kadar Oksigen Terbaik ada di Tempat Ini

“Salah satunya evaluasi PLTU, apa dampaknya, dan harus secara ilmiah. Karena hasil kajiannya PM 2.5, 75 persen dari kendaraan, itu zat paling berbahaya. Sementara itu wacana di masyarakat kan nyalahin PLTU ya sementara itu cuma 25 persen dari kajian yang ada,” kata Ridwan Kamil.

Selain itu juga, salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas udara yaitu dengan menerapkan Work From Home (WFH). Penerapan itu akan dimulai dari pegawai negeri sipil.

Halaman Selanjutnya

Kemudian, ada penggalakan penggunaan kendaraan listrik, kemudian meminta industri dan mall untuk tidak menggunakan listrik pribadi. Serta rekayasa cuaca dan memberikan scraber atau peredam polusi pada industri.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *