Rizky Ridho Akhirnya Diperbolehkan Persija Menyusul Timnas Indonesia Berlaga di AFF U-23 2023 Thailand?

Tak Berkategori

Informasi tidak benar tentang pemain Indonesia yang tidak bisa ikut membela Timnas karena tengah mengikuti Liga Nasional.

Ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-23 tidak bisa memperkuat Garuda Muda untuk berlaga di Piala AFF U-23 2023 karena terkendala perizinan dengan pelatih tim profesional di mana mereka bergabung. Akan tetapi, di detik-detik menjelang laga perdana kejuaraan di Thailand ini beredar kabar tidak benar. Yaitu  tentang pemain bola asal Persija yang akhirnya dibolehkan menyusul Timnas kita ke Thailand.

Kabar salah ini disebarkan melalui kanal YouTube atas nama akun Timnas Garuda Team dalam bentuk video berjudul “TERIMAKASIH ERICK THOHIR !! Rizky Ridho Dilepas Persija ke Timnas Indonesia U-23 Jadi Harapan Saya”.

Foto thumbnail adalah salah satu pemain Timnas Indonesia mendorong trollet bandara, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, serta pesawat Garuda Indonesia tengah berada di runway dengan tulisan “ilustrasi”. Sesudahnya, ada kalimat di foto thumbnail yang berbunyi “RIZKY RIDHO BERANGKAT KE THAILAND DAN DILEPAS PERSIJA, JADI HARAPAN SAYA KE ERICK THOHIR”.

Benarkah informasi yang disampaikan video ini?

CEK FAKTA

Kabar yang disebutkan lewat judul ini salah atau tidak terkonfirmasi benar.

PENJELASAN

Metro Suara.com mengadakan penelusuran judul dan materi, hasilnya adalah:

* Judul dan kalimat di thumbnail sangat mengiming-imingi sekaligus membingungkan.
Fakta: “TERIMAKASIH ERICK THOHIR !! Rizky Ridho Dilepas Persija ke Timnas Indonesia U-23 Jadi Harapan Saya” dan “RIZKY RIDHO BERANGKAT KE THAILAND DAN DILEPAS PERSIJA, JADI HARAPAN SAYA KE ERICK THOHIR”.
Logika: cara penulisan rancu menunjukkan konten bakal sama tidak jelasnya dengan judul dan kalimat thumbnail. Seperti judul menyatakan “Jadi harapan saya”, siapakah saya di sini? Tentunya bukan Rizky Ridho bila menilik cara penulisannya. Malahan menggambarkan keinginan si pembuat video ini sendiri. Sedangkan di kalimat thumbnail dituliskan “Jadi harapan saya ke Erick Thohir” apakah ini pernyataan Rizky Ridho, atau si pembuat video. Bila menambahkan “:” setelah nama pemain akan menjadi penjelas bahwa ini adalah pernyataan subjek yang dibicarakan.

* Judul dan kalimat di thumbnail kontradiktif.
Fakta: hal sudah terjadi (dilepas Persija) ditambah “jadi harapan” membuat makna tidak selaras dan bertentangan.
Logika: semakin menguatkan bahwa pemain dilepas timnya adalah hal belum terjadi.

* Cek video:
0:32 sudah ada permintaan untuk subscribe berarti sama-sama dimengerti orientasi pembuatnya bukan memberikan informasi valid namun bertujuan cuan atau uang saja.
0:58 narator membacakan artikel dari media online “Rizky Ridho bisa menangis …” dan menit 1:04 membacakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyiapkan aturan baru bagi pelatih.
Logika: sejauh disimak sampai menit kesekian tidak ada tanda-tanda kebenaran judul bahwa Rizky Ridho sudah terbang menyusul Timnas Indonesia di Thailand.

Bisa disimpulkan video berjudul “TERIMAKASIH ERICK THOHIR !! Rizky Ridho Dilepas Persija ke Timnas Indonesia U-23 Jadi Harapan Saya” memiliki konten menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *