Tembok Tinggi Batasi PIK 2 dan Perkampungan, Jubir Anies: Pengembang Wajib Berikan Akses

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Juru bicara calon presiden (jubir capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, mengatakan pengembang Pantai Indah Kapuk atau PIK 2 seharusnya tidak boleh menutup akses publik yang menjadi kewajibannya bagi masyarakat sekitar sesuai ketentuan.

“Pengembang PIK II, yaitu Agung Sedayu dan Salim Group wajib memberikan sepenuhnya akses bagi warga sekitar tanpa kecuali. Kalau pun ada alasan teknis masih tahap pembangunan, itu bukan alasan menutup akses,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 Agustus 2023.

Hal tersebut diungkap juru bicara Anies menanggapi adanya tembok pembatas setinggi lima meter dengan panjang enam kilometer yang membatasi antara komplek perumahan elit milik pengembang PIK 2 dengan perkampungan warga tiga desa, yaitu Desa Salembaran, Desa Lemo, dan Desa Muara di Kabupaten Tangerang, Banten.

“Mestinya bisa ditata sedemikian rupa agar akses tetap diberikan, tanpa proses pembangunan menjadi terganggu,” ujarnya.

Selain meminta pengembang untuk membuka akses bagi warga di tiga desa, Angga meminta pemerintah daerah untuk ikut campur tangan mencari solusi terbaik. Jika perlu, memberikan sanksi kepada pengembang jika tidak mau membuka akses publik.

“Kami juga meminta Pemerintah Daerah Tangerang segera mengambil tindakan tegas dan memastikan akses warga segera terwujud. Kalau tidak juga dilaksanakan, rasanya Pemda sudah bisa mempertimbangkan untuk mencabut izin yang diberikan kepada PIK II,” katanya Angga.

Erick Thohir : Perputaran Uang di PIK Capai 65 Miliar Perbulan, Luar Biasa Kepemimpinan Pak Aguan

Iklan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) memberikan percontohan yang luar biasa karena tidak hanya membangun kawasan kawasan properti semata tapi membangun kawasan customer experience.

“Luar biasa bagaimana bisa membangun kawasan customer experince,” kata Erick saat meresmikan kawasan wisata kuliner Aloha di PIK 2, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Selasa 8 Agustus 2023

Erick menyebutkan, perputaran uang di PIK 2 dalam sebulan mencapai Rp 65 miliar dan dia yakin angka ini bisa terus meningkat dengan jumlah kunjungan yang terus melonjak.” Saya yakin angka ini bisa tripple. kunjungannya mencapai 20 ribu, bahkan tertinggi 80 ribu,” kata Erick. 

Erick mengatakan hal yang luar biasa ketika ada private sektor swasta yang berani berinvestasi di industri yang semestinya pemerintah hadir lebih agresif. “Ada private sektor, di bawah kepemimpinan pak Aguan dan keluarga,” kata Erick. 

Pilihan Editor: Tiga Bulan Lamanya Banjir di Kampung Gaga Tak Mau Surut Gara-gara Proyek PIK 3



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *